Saturday, 7 January 2012
Mobil-mobil Karya Anak Negri
Labels:
Otomotif
Kita sebagai bangsa indonesia semestinya bisa berbangga hati karena bangsa ini ternyata anak-anak bangsa ini mampu membuat mobil sendiri (ya walaupun belom setenar mobil" buatan ferari, toyota dll.
Berikut ane share beberapa mobil karya anak" indonesia gan cekidot
MOBIL KOMODO
FIN Komodo yaitu kendaraan offroad jenis CRUISER yang sangat lincah dan handal untuk digunakan sebagai kendaraan penjelajah. Bobotnya sangat ringan sehingga power yang diperlukan untuk melaju relative kecil, akibatnya konsumsi bahan bakar relative irit.
Untuk medan hutan, biasanya jarak tempuh sepanjang 100 Km dapat dilalui dalam 6 - 7 jam dengan konsumsi bahan bakar kurang lebih hanya 5 liter, sedangkan kapasitas tangki 20 liter, sehingga dapat survive didalam hutan selama 7 x 4 jam atau 4 hari perjalanan siang hari.
Disamping untuk misi penjelajah atau survey atau pengawasan, maka FIN Komodo juga dapat digunakan untuk mengangkut beban (barang bawaan) seberat 250 Kg, sehingga dapat juga berfungsi sebagai kendaraan utility.
Kestabilan kendaraan ini pada medan offroad yang ekstrem sekalipun tidak diragukan lagi, karena kami design dengan menggunakan perhitungan matematika persamaan keseimbangan yang akurat setiap komponen dan manufaktur nya.
SUMBER
MOBIL TAWON
Mobil Nasional AG-TAWON diproduksi oleh PT SUPER GASINDO JAYA yang lokasi industrinya di Rangkasbitung - Banten.
Dinamakan Tawon karena filosofinya, Tawon itu rajin bekerja, pagi-pagi sudah bekerja, selain itu, Tawon memiliki komunikasi yang sangat tinggi antar sesamanya, serta hanya mau bersarang di tempat yang bersih. Tawon pun menghasilkan produk yang berdayaguna seperti madu, serta dengan sengatnya, membuat Tawon tidak mudah diganggu.
AG-TAWON menggunakan bahan bakar BENSIN dan atau bahan bakar gas CNG, dan sudah memenuhi standarisasi Euro III, sehingga ramah lingkungan.
Kapasitas Mesin AG-TAWON sebesar 650 cc, 4 Percepatan Transmisi Manual, dapat dipacu hingga kecepatan 100 km/ jam.
AG-TAWON mulai dikembangkan sejak tahun 2007, dan diproduksi sejak tahun 2009, serta mengandung 90% Kandungan Lokal.
DIMENSION & WEIGHT
Overall Length mm 3100
Overall Width mm 1400
Overall Height mm 1720
Wheelbase mm 1800
Front Tread mm 1220
Rear Tread mm 1200
Ground Clearance mm 220
Kerb Weight kg 400
Gross Weight kg 750
Seating Capacity persons 5
PERFORMANCE
Max. Speed Km/h 90
Min Turning Radius m 3.5
ENGINE
Type two cyliders
Four - Stroke
Water - cooled
Valve Gear Overhead Camshaft
Chain Transmission
Bore 76 x 71 mm
Total Displacement 644 ml
Compression Ratio 9 : 0 : 1
Max. Power / speed 20.6 KW at 5300 rpm
Rated Power / speed 18 KW at 4500 rpm
Max. Torque / speed 49 N.M at 2700 - 3300 rpm
Min. Specific Fuel Consumption at Full load 280 g/kw.H
Idling Speed 900 & 50 r/min
SUPENSION
Steering Tee Rack
Front Suspension Multi Link With Stabilizer
Rear Suspension Lift Spring
BRAKE
Front Disc
Rear Kanvas
TYRE SIZE
Front And Rear 165/70 R13
SUMBER
MOBIL ARINA
Mobil Arina ini kapasitas mesinnya hanya 150 cc, kecepatannya mampu dipacu sampai dengan 70 km/jam, namun konsumsi BBMnya cukup hemat yaitu mencapai 40 km untuk 1 liter bensin.
Mobil Arina, yang merupakan singkatan dari Armada Indonesia, badan hukum Universitas Negeri Semarang (Unnes). Mobil mikro Arina akan terus dikembangkan sehingga menjadi 100 persen buatan negeri. Jika sudah 100 persen lokal, harganya bakal berada di bawah Rp 30 juta.
MOBIL WAKABA
Pengembangan mobil WAKABA singkatan dari Wahana Karya Bangsa ini dilakukan di Universitas Pasundan dengan melibatkan tiga orang peneliti dan 12 mahasiswa universitas Pasundan. Dana pengembangannya selain dari Pemda Jawa Barat, juga dari kementrian ristek serta Unpas dan Working Group yang menghabiskan dana lebih dari Rp 200 juta.
Mobil kecil itu bermesin bensin 500 cc. Mesin yang dipakai mesin buatan BPPT Kemetrian Riset dan Teknologi, dengan tingkat kecepatan yang low speed.
MOBIL ESEMKA
mobil rakitan siswa-siswa SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Solo, Esemka Rajawali. Spesifikasi dan kualitas mobil ini tergolong baik dan tidak kalah dengan mobil-mobil pabrikan mapan.
Esemka Rajawali merupakan mobil rakitan para siswa kreatif yang bekerja sama dengan bengkel Kiat Motor Klaten, pimpinan H Sukiyat sebagai partner industri SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Solo.
merupakan varian Sport Utility Vehicle (SUV) dengan kelir hitam. Mobil ini bermesin bensin dan memiliki kapasitas 1.500 cc dengan empat silinder ditambah sistem bahan bakar injeksi.
Mesin Esemka Rajawali adalah KIA serupa dengan mesin yang digunakan oleh Timor dulu. Mesin ini mampu memproduksi 105 tenaga kuda pada putaran mesin 5.500 rpm.
Memiliki kapasitas tujuh penumpang dengan fitur-fitur terkini seperti power window, AC dual zone, power steering, central lock, sistem audio dengan CD, serta tak ketinggalan sensor parkir.
Esemka Rajawali memiliki agen tunggal pemegang merek (ATPM) yang dipegang PT Solo Manufaktur Kreasi.
Sukiyat mengklaim, mobil yang terinspirasi dari Toyota Prado itu terletak pada kandungan material bodi, di samping harganya yang jauh lebih murah dibanding SUV serupa.
"Delapan puluh persen materialnya diproduksi di Indonesia. Blok mesinnya saja dibuat di industri logam rumah tangga Batur, Kecamatan Ceper, Klaten," terangnya. Soal harga, dia meyakini ongkos produksi mobil bertransmisi manual dengan lima percepatan itu jauh lebih rendah, dibanding produk serupa buatan negara lain.