Tuesday 17 January 2012

Polisi Kejar Pelaku Pembunuhan Via BBM

detail berita
MONTERAL - Polisi Kanada menggunakan BlackBerry Messenger (BBM) untuk menelusuri pembunuhan seorang bos mafia New York.  Lima tersangka dalam pembunuhan Salvatore Montagna, yang ditembak mati pada November dan memiliki hubungan pidana di Kanada dan Amerika Serikat (AS).

Pihak berwajib menelusuri pesan melalui BBM yang dikirim oleh salah satu tersangka, Vittorio Mirarchi, seorang pengusaha yang dekat dengan Motagna. Penelusuran ini pula yang membuatnya berhasil dicokok oleh kepolisian Kanada.

Kemampuan enkripsi Blackberry konon tak terkalahkan yang didambakan oleh pengusaha dan politisi untuk komunikasi secara aman. Namun setelah kasus ini, tidak selamanya jaringan BBM milik RIM tersebut benar-benar aman. Demikian dilansir TerraNet, Minggu (8/1/2012).

Tapi berbagai otoritas di seluruh dunia juga menuntut akses dari RIM yang merupakan produsen BlackBerry untuk membuka enkripsi komunikasi untuk menggagalkan kegiatan kriminal dan teroris.

"Para tersangka dalam pembunuhan Montagna dilaporkan terkejut mengetahui bahwa polisi telah mengakes komunikasi pribadi Quebec dengan mereka," kata surat kabar lokaltersebut.

Polisi tidak akan mengatakan apakah mereka meretas enkripsi BlackBerry atau RIM memberi mereka akses ke server amannya.

Sementara itu, RIM mengeluarkan pernyataan operasi standar mencatat bahwa membela hak-hak privasi pengguna hukum di negara tempat beroperasi.

featured-content