TOKYO - Bulan depan, gamer di Amerika Serikat (AS) akan
dapat menikmati game Final Fantasy XIII-2 besutan Square Enix. Meskipun
banyak unsur yang sudah dikenal oleh para penggemarnya, game ini
memiliki satu fitur baru, yaitu monster collection.
Seperti yang dilansir Gameinformer, Rabu (28/12/2011), berikut ini adalah langkah-langkah untuk memanfaatkan fitur baru tersebut :
1. Langkah Dasar
Karakter
yang dapat dikendalikan gamer dalam pertarungan di game ini, hanya
Serah dan Noel, sedangkan slot ketiga ditempati oleh seekor monster.
Utamanya, monster sepenuhnya menjadi anggota kelompok saat pertarungan
dimulai. Setiap monster memiliki peran tertentu (misalnya Ravager atau
Commando), yang digunakan untuk membentuk paradigma 3 sisi, dengan Serah
dan Noel. Monster juga dapat di-upgrade di Crystarium, serta special
attack yang dapat digunakan setelah mengisi Feral Link meter.
2. Langkah Pertama : Tangkap Seekor Monster
Untuk
menangkap monster, gamer tidak memerlukan item khusus atau taktik
tertentu. Praktisnya, monster ditangkap secra otomatis. Gamer hanya
perlu bertarung dengan musuh, dan kadang-kadang mereka berubah menjadi
kristal di ujung pertarungan. Sekali ini terjadi, monsrter tersebut akan
ada dalam daftar gamer dan dapat digunakan dalam pertarungan.
Gamer
tidak akan selalu menangkap monster saat pertama kali melawannya, dan
nampaknya karakter berlevel rendah tidak bisa menangkap monster level
tinggi. Beberapa gamer juga melaporkan bahwa menggunakan feral link
untuk menghabisi monster liar, bisa meningkatkan presentase penangkapan.
3. Langkah Kedua : Personalisasi Monster
Sebelum
membawa monster ke dalam pertempuran, gamer punya sedikit pilihan untuk
melakukan personalisasi pada monsternya. Pertama, gamer dapat mengganti
namanya. Sayangnya, nama tersebut tidak bisa dipilih sesuka hati,
melainkan hanya bisa dipilih dari daftar yang sudah tersedia. Kedua,
gamer dapat menambahkan aksesoris seperti tatoo atau topi untuk
monsternya. Namun ini hanya sekedar mengubah penampilan saja.
4. Langkah Ketiga : Optimalisasi
Monster
tidak memiliki kelincahan seperti Serah dan Noel. Mereka juga tidak
dapat berganti peran. Namun, monster memiliki potensi untuk
mengembangkan kemampuan mereka sesuai dengan peran, terutama melalui
kemampuan mereka untuk memakan monster lain.
Seiring dengan
meningkatnya level mereka, monster akan memperoleh passive abilities
baru lewat Crystarium, dan kemampuan tersebut dapat diwariskan ke
monster lain jika gamer mengorbankan yang aslinya. Misalnya, gamer
memiliki Pulsework robot yang berperan sebagai commando, tapi ada
monster lain yang memiliki kemampuan passive strenght +10 persen. Bonus
kemampuan itu bisa diwariskan pada robot, agar kemampuannya sebagai
commando meningkat. Bila melakukan hal ini, gamer akan kehilangan
monster asli pemilik bonus kemampuan tersebut, tapi dapat mewariskan
kemampuan itu pada robot milik gamer.