Friday 20 December 2013

Jauhkan Anak dari Cyberbullying, Ini Caranya

184650831dlm.jpg (200×133)
Aksi cyberbullying menghantui anak-anak. Jika tidak diantisipasi, hal ini akan memberikan dampak buruk bagi si buah hati. Namun masalah yang berpotensi dijumpai orang tua adalah, bagaimana memulai pengawasan aktivitas online anak tanpa mereka merasa terintimidasi?
Norton menganjurkan, agar pihak orang tua sejak dini membuka pintu dialog pada mereka. Dialog inipun tak harus bersifat resmi, namun bisa dilakukan saat santai.
Sebagai bagian dari dialog, orang tua disarankan memilih pertanyaan dengan hati-hati agar si anak mau terbuka. Norton, membantu Anda, para orang tua untuk bertanya pada anak dengan kalimat-kalimat berikut yang dikemas sebagai The Talk:

1. Apa yang dilakukan temanmu saat online?
Alih-alih langsung menanyakan, "Apa yang kamu lakukan di internet?" dimana membuat anak langsung merasa diawasi, ganti pertanyaan dengan "Apa yang dilakukan temanmu saat online?".
Kalimat tersebut berfungsi untuk menjaga agar pembicaraan bersifat netral dan umum. Dan jika Anda ingin si anak memberikan umpan balik yang jujur, maka yakinkan mereka bahwa Anda tidak akan memberikan hukuman atas jawaban apapun.

2. Apa situs yang paling keren atau terbaru?
Lontarkan pertanyaan ini dan minta mereka memberikan alasannya. Hal ini bisa memancing mereka untuk bercerita lebih banyak.

3. Maukah kamu menunjukkan pada saya situs favorit kamu?
Minta mereka untuk menunjukkan situs kesukaan mereka dan beri perhatian lebih. Tanyakan pada anak Anda bagaimana mereka menggunakan situs itu dan mengapa situs tersebut lebih disukai daripada situs lainnya.

4. Apa yang kamu ketahui tentang cyberbullying?
Mungkin anak Anda tidak tahu apa itu istilah "cyberbullying". Namun bukan berarti ia tidak pernah merasakannya. Nah, di sini Anda bisa berbagi cerita dari apa yang pernah Anda baca atau lihat mengenai aksi tersebut. Pastikan mereka juga mengetahui bagaimana cara bereaksi jika mengalami cyberbullying.

5. Saat sedang online, apakah pernah melihat sesuatu yang aneh atau yang membuat kamu merasa tidak nyaman?
Pertanyaan ini akan menggiring anak untuk mau berdiskusi soal cyberbullying, penemuan situs-situs rasis, porno, atau sesuatu yang aneh secara tidak sengaja.

Mengalami sesuatu yang buruk nyaris tidak bisa dielakkan apabila si buah hati aktif memakai internet. Yakinkan mereka agar bisa datang pada Anda saat membutuhkan bantuan. Reaksi Anda yang tidak berlebihan turut disarankan.

Sumber : DetikNet

featured-content