Tuesday 24 December 2013

Penampilan

David J. Schwartz, penulis buku The Magic of Thinking Big, menceritakan pengalamannya," Di sebuah pasar swalayan dia melihat sebuah meja dengan anggur tanpa biji di atasnya dgn harga $1,3 per pon. Di atas meja lain anggur yang sama, tetapi yang ini dikemas dalam bungkus plastik dan dihargai $ 3 per dua pon. Kemudian dia bertanya kepada penjualnya, apakah perbedaannya? Penjual menjelaskan," Bedanya... hanya di kemasannya saja."

Apakah kemasan plastik anggur tsb menipu? Tidak, kemasan menjadikannya lebih baik. Intinya, semakin baik Anda "dikemas" atau mengemas diri, makin besar penerimaan publik yang akan Anda dapatkan!

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa penampilan benar-benar bicara. Penampilan kita menentukan apa yang orang pikirkan mengenai kita. Dalam teori, memang kita sering mendengar bahwa kita tidak boleh menilai seseorang hanya berdasarkan penampilannya saja, namun kenyataan membuktikan bahwa orang tetap saja akan menilai kita berdasarkan penampilan kita.

Jujur saja, bukankah kita sendiri juga menilai seseorang berdasarkan penampilan? Kita ambil contoh jika Anda hendak merekrut karyawan baru, lalu dalam sebuah wawancara Anda menjumpai seorang pelamar dengan baju lusuh, tdk rapi, rambut acak-acakan. Pikiran apa yang muncul di benak Anda?

Kesimpulannya, kita tidak dapat mengaburkan kenyataan bahwa penampilan luar itu penting, jadi berpenampilanlah yang menarik dan hormatilah diri Anda sendiri.

Sumber: Surianto (Palembang) "SL=Books"

featured-content